Contoh Surat Perjanjian

2:04 AM
Surat perjanjian dibuat dengan tujuan untuk menjadi dasar hukum atas tercapainya sebuah kesepakatan tertentu antara dua pihak yang akan melakukan kerjasama. Surat perjanjian bisa dijadikan sebagai dasar hukum untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Surat perjanjian sangat penting, surat perjanjian dibuat untuk mendasari terjadinya sebuah deal antara dua belah pihak. Dengan adanya surat perjanjian yang sah, maka kedua belah pihak bisa menuntut hak masing-masing apabila dikemudian hari terjadi percecokkan.

Buat Anda yang sedang membutuhkan contoh surat perjanjian, berikut contoh surat perjanjian yang sah dan legal.

CONTOH SURAT PERJANJIAN

SURAT PERJANJIAN
No. I/SP/PT.KJ/II/2013
______________________

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : USMAN ABADI
No. KTP : No KTP yang bersangkutan
Jabatan : Pimpinan

Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT. KUSAMA JAYA selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : TOHA SAPUTRA
No. KTP : No. KTP yang bersangkutan
Jabatan : Teknisi freelance 

Dalam hal ini bertindak dan atas nama diri sendiri yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah melakukan kesepakatan perjanjian berupa PERJANJIAN KERJA dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal I
Jenis Pekerjaan

PIHAK PERTAMA akan memberikan pekerjaan kepada PIHAK KEDUA berupa penggarapan konstruksi baja sebuah gudang dengan ukuran 15 m2 x 17 m2.

Pasal II
Mekanisme

PIHAK PERTAMA akan menyediakan semua matrial yang diperlukan untuk melakukan penggarapan konstruksi baja hingga selesai.

Pasal III
Pembayaran 

PIHAK PERTAMA akan memberikan upah kepada PIHAK KEDUA sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dengan cara pembayaran dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

Pembayaran pertama dilakukan ketika progres pekerjaan sudah mencapai volume 50 %, dan pembayaran kedua akan dilakukan maksimal lima hari setelah pekerjaan selesai.

Demikian surat perjanjian ini kami buat tanpa ada paksaaan atau dorongan dari pihak manapun dan atas kemauan kami sendiri.

Tangerang, 28 Februari 2013

Yang membuat perjanjian,

PT. KUSAMA JAYA

PIHAK PERTAMA                               PIHAK KEDUA


                       tanda tangan dan materai


USMAN ABADI                                  TOHA SAPUTRA

Surat perjanjian yang sebenarnya bisa lebih lengkap karena memuat sejumlah unsur penting dalam suatu perjanjian, artikel contoh surat perjanjian diatas hanya sebuah contoh kerangka dasar dan Anda bisa melengkapinya sendiri.

Baca contoh surat lainnya :



Share it :

loading...
Previous
Next Post »