Hirup-tikup Kehidupan Seorang Full Time Blogger Mencari Uang Online

9:08 AM
Blogging merupakan salah satu aktivitas online yang menjadi kegemaran banyak orang, termasuk saya. Seorang blogger dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yang pertama adalah blogger yang menghabiskan semua waktunya untuk ngeblog atau lebih dikenal sebagai full time blogger, dan yang kedua adalah part time blogger, yaitu blogger yang negeblog ketika memiliki sisa waktu luang.

Diawal munculnya media blog, para pecinta blog lebih terorientasi untuk berbagi. Mereka menulis tentang berbagai macam hal sesuai hobi atau minat masing-masing. Mereka menulis bukan hanya untuk dirinya semata, namun tulisan-tulisan yang mereka rangkai juga untuk di share dengan para pembaca atau pengunjung.

Wacana dunia blogging sudah berubah secara total. Kini, blog bukan hanya sebagai media untuk berbagi tapi juga untuk membangun bisnis online. Mulai bisnis yang hanya bermodal koneksi internet dan otak hingga modal financial yang jumlahnya cukup melambung. Baik bisnis online tanpa modal uang maupun yang bermodalkan uang keduanya sama-sama memiliki potensi untuk menorehkan keberhasilan, tentunya bisnis online dengan suntikan modal financial yang memadai jauh lebih potensial untuk menggapai kesuksesan.

Metode manapun yang ditempuh seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan online berbekal media blog yang mereka kelola, kunci menuju blogger sukses adalah keseriusan dan kretivitas. Semua orang bisa menjadi blogger, namun hanya orang-orang tertentu yang benar-benar bisa menjadi blogger berpenghasilan atau blogger sukses. Mengapa? Karena menguangkan blog itu sangat sulit.

Menghasilkan uang dari blog sebenarnya sangat mudah, namun ceritanya menjadi berbeda jika kita menyinggung nominalnya. Untuk mendapatkan 100-200 ribu saja memang bukan sebuah hal yang sulit, akan tetapi untuk mendapatkan jutaan rupiah dari blog secara konsisten merupakan sebuah tantangan yang cukup sulit untuk direalisasikan. Namun, sebuah pepatah mengatakan “sesulit apapun rintangannya, Anda pasti bisa mencapai lavel terbaik jika mau berusaha secara maksimal”.

Saya adala salah satu dari sekian banyak full time blogger. Asam-garam dalam menekuni blogging sudah saya rasakan selama menjadi seorang full time blogger. Berawal dari rasa ingin tahu “apa dan bagaimana itu blog?” akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog menggunakan platform blog gratis Blogger (bukan blog ini). Tanpa memiliki pengetahuan sedikitpun tentang blog tekat saya pada saat itu tetap bulat, “saya harus bisa mendapatkan penghasilan dari internet!”. Saya mulai banyak meluangkan waktu untuk belajar, dan waktu terus berjalan dengan statistik serta earning yang masih tak menentu.

Setelah memilik sebuah blog (blog pertama saya) dengan total trafik harian yang berada diangka ratusan uv/hari, saya pun mulai berpikir untuk menghasilkan uang dari blog tersebut. Mencari informasi kesana-kemari melalui Google Search untuk menemukan metode monetisasi yang tepat buat blog saya. Pada saat itu ketertarikan saya lebih kepada monetisasi menggunakan iklan pay per click (PPC), saya pun mulai mendaftarkan diri ke sejumlah media periklanan online berbasis PPC, mulai PPC lokal hingga PPC luar negeri yang support bahasa Indonesia.

Harapan untuk sesegera bisa mendapatkan penghasilan dari blog tidak berjalan sebagaimana yang direncanakan. Pada fase ini saya benar-benar merasakan ternyata mencari uang lewat internet dengan menggunakan blog itu sangat sulit. Namun, saya tetap pada pendirian saya, jika sudah ada blogger yang bisa menghasilkan uang dari blog, mengapa saya tidak bisa. Saya pun terus menggali informasi, memperkaya wawasan tentang bisnis online dengan blog, lebih banyak belajar tentang hal-hal baru dalam blogging, dsb.

Merasa sangat sulit untuk mendapatkan income yang sepadan dari media periklanan online karena nilai harga klik yang cukup rendah, saya pun terus mencari informasi kesana-kemari untuk menemukan ad network yang benar-benar memberikan profit yang sebanding dengan impresi iklan yang saya tampilkan diblog saya. Dan ad network yang benar-benar membuat saya jatu hati adalah Google Adsense. Meskipun sudah menemukan ad network yang menurut saya sangat tepat, namun tidak serta merta saya bisa mendaftarkan diri karena ternyata Google Adsense sangat ketat dalam meluluskan aplikasi.

Berulang kali mengirimkan aplikasi/pendaftaran akun Google Adsense, hasilnya selalu sama, yakni penolakan karena situs/blog saya dianggap tidak memenuhi kebijakan program Google Adsense. Terus melakukan pembenahan, menghapus artikel yang saya yakini menjadi sumber masalah, mengganti template yang loadingnya cepat, dst. Tanpa mengenal rasa putus asa, saya pun terus berusaha melakukan perbaikan pada blog saya agar memenuhi kriteria blog publisher Adsense. Terus mendaftar dan mendaftar selama berpuluh kali akhirnya akun Adsense pertama saya sukses saya dapat. Dari sini wacana untuk bisa mendapatkan penghasilan online semakin terasa nyata [Bersambung..] 


Share it :

loading...
Previous
Next Post »